Jumat, 25 Maret 2016

Tugas_3ss_Perekonomian Indonesia




 RANGKUMAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA 
A. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasardan hasil interaksi antara penawaran   dan permintaan   sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga ( price-taker ). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangatbanyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain.

Sifat-sifat pasar persaingan sempurna:
  • Jumlah penjual dan pembeli banyak
  • Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
  • Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
  • Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
  • Posisi tawar konsumen kuat
  • Sulit memperoleh keuntungan diatas rata-rata
  • Sensitif terhadap perubahan harga
  • Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
 Ciri pasar persaingan sempurna:
  • Banyak perusahaan dalam pasar
  • Setiap perusahaan sebagai penerima harga (price taker)
  • Bebas keluar dan amasuk dalam pasar
  • Produknya bersifat homogen/identical
  • Penjual dan pembeli punya informasi mengenai pasar
 Kebaikan pasar persaingam sempurna:
  • Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
  • Kebebasan bertindak dan memilih
 Kelemahan/keburukan pasar persaingan sempurna:
  • Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
  • Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
  • Membatasi pilihan konsumen
  • Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
  • Distribusi pendapatan tidak selalu merata
 Contoh pasar persaingan sempurna :
  • Beras
  • Gandum
  • Batu bara
  • kentang

Sumber : https://astharyaurorablinkblink.wordpress.com/tag/mata-kuliah-kampus/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar